Sejarah Ringkas Jaringan Media Lubah

 

Jaringan Media Lubah (bahasa Inggris: Lubah Media Network) atau juga dikenal sebagai Syabkah Lu‘bah al-I‘lamiyyah merupakan jaringan media yang saat ini memproduksi dan merilis permainan java, aplikasi Android, video YouTube, serta artikel-artikel seputar teknologi dan dunia gim.

Jaringan Media Lubah memiliki sejarah yang cukup rumit dan panjang yang dijelaskan secara ringkas sebagai berikut.

Masa Perintisan


Jaringan Media Lubah pertama kali muncul dengan nama RGAG Games yang hanya beraktivitas dalam merilis permainan-permainan java sebagai poros utamanya dan RBID TV yang merupakan cabang media dari Reha.Bloger.ID yang beraktivitas dalam merilis video. Reha.Bloger.ID pada kemudian hari mendapatkan banned dari pihak WapBlog.ID dan RBID TV bersama dengan RGAG Games melaksanakan merger (penggabungan fungsi) dan berubah nama menjadi Abu Hanifah RBID Channel. Setelah merger dengan RBID TV, maka gim-gim rilisan Abu Hanifah RBID Channel akan menampilkan logo RBID TV di berbagai gimnya.

Pada masa perintisan ini, baik pada masa RGAG Games maupun Abu Hanifah RBID Channel, keduanya belum memiliki alamat situs yang tetap dan permainan belum dapat didistribusikan secara luas. Arsip sisa-sisa permainan yang dibuat pada masa itu juga sangat sulit untuk ditemukan di internet.

Masa Kejayaan

Setelah dirasa nama Abu Hanifah RBID Channel memiliki karakter yang terlalu panjang dan nama yang kurang menjual, maka Abu Hanifah RBID Channel berganti nama menjadi Lu‘bah Games. Pada masa ini, Lu‘bah Games berhasil meraih masa kejayaannya dengan merilis banyak gim dan namanya semakin dikenal. Lu‘bah Games berhasil merilis puluhan gim dalam kurun waktu 3 tahun.

Pada masa Lu‘bah Games, Lu‘bah Games pernah menggunakan website dengan alamat TlD, yaitu www.javagames.site. Selain itu, Lu‘bah Games juga membuka Lu‘bah Blog sebagai cabang media lainnya yang berfungsi dalam merilis artikel. Lu‘bah Blog ketika itu belum berfungsi sepenuhnya dan hanya tersedia dalam bahasa Indonesia.

Beberapa gim terbaik terbitan Lu‘bah Games antara lain:

1. ML: Adventure
2. Kamen Rider Kuuga
3. Kuis ‘Idul Fithri
4. Doki-Doki Makai Castle Kiva
5. Kamen Rider Agito

Masa Peralihan

Lu‘bah Games sempat mengalami masa peralihan dengan bergabung dengan Maktab I‘lam Wilayah Semarang dan berganti nama menjadi JihadGamingCenter (Semarang). Nama ini tidak bertahan lama, namun pada masa ini terbit beberapa nama gim terbaru. Di kemudian hari, Maktab I‘lam Wilayah Semarang dinonaktifkan dan JihadGamingCenter (Semarang) kembali hadir dengan nama Lu‘bah Games.

Masa Perkembangan (Masa Sekarang)

Setelah kembali lagi dengan nama Lu‘bah Games, Lu‘bah Games memutuskan untuk melakukan pengembangan membentuk Jaringan Media Lubah.

Saat ini, Jaringan Media Lubah memiliki beberapa cabang media sebagai berikut.

1. Lu‘bah Games


Website yang berisi gim-gim java yang dapat diunduh secara gratis.

2. Lubah Blog

Blog yang berisi artikel-artikel seputar dunia gim dan teknologi. Lubah Blog tersedia dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

3. Lubah App Store

Website yang berisi aplikasi-aplikasi java, android, Windows, dan berbagai platform lainnya yang berfungsi sebagai pendukung Jaringan Media Lubah.

4. Lubah TV

Saluran YouTube yang merilis berbagai gameplay dari permainan-permainan yang pernah dirilis oleh Lu‘bah Games.

5. Lubah Forum

Website forum yang dijalankan oleh Jaringan Media Lubah.


Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.